Solusi Jitu Memperbaiki “File Is Too Large for the Destination File System”

Memperbaiki File Is Too Large for the Destination File System — Kapasitas flash drive eksternal atau kartu SD Anda besar: 8GB, 16GB, atau lebih. Ada cukup ruang kosong di drive. Anda dapat menyalin file yang lebih kecil ke drive eksternal dengan baik.

Namun, ketika Anda mencoba menyalin file besar (4GB atau lebih besar) ke drive eksternal, Windows memberi Anda kesalahan (seperti: File Is Too Large for the Destination File System, atau pemberitahuan serupa.) Apakah ini terdengar akrab di telinga?

Jika Anda mengalami masalah seperti itu, kemungkinan besar itu disebabkan oleh fakta bahwa drive atau kartu eksternal Anda diformat dengan sistem file FAT32. Jenis sistem file ini memiliki batasan bawaan pada ukuran file yang mungkin dikandungnya.

Meskipun ukuran total file yang dapat Anda salin ke drive FAT32 bisa sebesar 2TB (atau kapasitas fisik drive, mana yang lebih kecil), ukuran setiap file individu tidak boleh melebihi 4GB.

Batasan ini mungkin terdengar konyol: mengapa ada orang yang merancang sistem yang tidak memungkinkan untuk file yang lebih besar di simpan?

Masalahnya adalah, ketika sistem file FAT32 dirancang (yang kembali pada zaman Windows 95), tidak ada yang mengantisipasi bahwa kita akan memiliki file besar seperti yang digunakan saat ini.

Atau, mungkin saat itu para perancang berharap bahwa pada saat file besar menjadi umum, penggunaan sistem FAT32 akan digantikan oleh sistem yang lebih modern.

Apapun kondisinya, pertanyaan sekarang adalah: “bagaimana mengatasi masalah menyalin file 4GB?”

Mudah: Anda perlu mengganti sistem file FAT32 pada drive dengan yang lebih modern, seperti NTFS atau exFAT.

Sistem file yang lebih baru ini tidak memiliki batasan ukuran file 4GB! Gulir ke bawah halaman ini untuk instruksi tentang cara mengubah sistem file di flash disk anda.

Ini terjadi pada saya ketika ingin menyimpan file iso Windows 10 sebesar 4,5GB ke flash disk saya, namun ditolak padahal ada free space sekitar 7GB di flash disk saya.

Dan saya mendapati pemberitahuan dari Windows berikut ini: The file ‘Win10_1903_V1_English_x64_iso’ is too large for the destination file system.

Tidak Bisa Simpan Ke Flash Disk
Tidak Bisa Simpan Ke Flash Disk

Pemberitahuan itu muncul ketika ingin menyalin file ISO sebesar 4.59GB ke flash disk saya padahal ada lebih dari 7GB kosong disitu. Akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi masalah ini.

Solusi memperbaiki “File Is Too Large for the Destination File System” di Windows

Jadi yang harus kita lakukan adalah merubah sistem file FAT32 menjadi NTFS.

Bagaimana cara mengubah drive dari FAT32 ke format NTFS atau exFAT?

Mari kita tunjukkan bagaimana melakukannya untuk NTFS pertama:

  1. Colok flash disk eksternal ke komputer, tunggu Windows untuk mengenalinya dan menetapkan huruf drive baru untuk itu.
  2. Lalu buka folder komputer dan cari huruf drive yang ditetapkan ke flash drive yang ingin Anda format dengan NTFS (dalam contoh di bawah ini, itu drive H:).

    Sebelum melanjutkan, buka drive di jendela dan pastikan kosong atau tidak mengandung file penting, karena setelah Anda memformat drive, semua informasi yang ada di dalamnya akan dihapus! Jika ada file di drive yang ingin Anda simpan, maka simpan ke tempat lain.

  3. Jika Anda yakin drive eksternal tidak berisi file penting Anda, kembali ke folder komputer, dan klik kanan pada ikon drive eksternal (Kalau saya USB Drive:H). Lalu pilih Format.
Format USB Drive H
Format USB Drive H
  1. Pilih File System dari menu, pilih NTFS, lalu pilih opsi Start.
Ganti FAT32 Menjadi NTFS
Ganti FAT32 Menjadi NTFS

Pastikan untuk memilih NTFS dalam daftar drop-down Sistem File. Itulah yang menentukan jenis sistem file yang harus dimiliki drive. Selain itu, Anda mungkin ingin memilih atau cek pada opsi Quick Format, yang akan mempercepat proses pemformatan dengan cukup baik.

  1. Maka harus seperti ini.
Agas Bisa Salin Simpan File Lebih Dari 4GB Di USB Flash Disk
Agas Bisa Salin Simpan File Lebih Dari 4GB Di USB Flash Disk
  1. Dan Windows akan memperingatkan Anda sekali lagi tentang menghapus semua informasi yang ada pada drive (lihat langkah 4 di atas). Sekali lagi, jika Anda yakin drive tidak berisi dokumen atau file apapun, melainkan sudah dalam keadaan kosong dan data penting disitu sudah dibackup, lalu konfirmasikan bahwa Anda ingin melanjutkan dengan pemformatan dengan klik OK.
Peringatan Format Akan Menghapus Semua Data Di Disk
Peringatan Format Akan Menghapus Semua Data Di Disk
  1. Jika Anda telah memilih opsi Quick Format, maka proses pemformatan seharusnya tidak lebih dari satu atau dua menit.
Format Flash Disk Komplit
Format Flash Disk Komplit
  1. Dan kini saya berhasil transfer file .iso ke flash disk eksternal saya.
Transfer File Ke Flash Disk
Transfer File Ke Flash Disk

Hasilnya, Anda akan memiliki drive yang sama, tetapi sekarang dengan sistem file NTFS di dalamnya. Dengan sistem file ini maka Anda dapat menyalin file yang lebih besar dari 4GB ke USB drive dengan baik tanpa ada masalah apapun.

Selain memformat drive dengan sistem file NTFS, Windows juga menawarkan cara untuk mengkonversi drive FAT32 ke exFAT.

Perbedaannya adalah bahwa proses konversi akan menyimpan file yang ada di drive. Jika anda ingin gunakan exFAT maka pada langkah 4 diatas pilih exFAT kemudian Start.

File System exFAT Windows
File System exFAT Windows

Video tutorial

Baca juga cara mengatasi SD Card tidak terbaca di Windows.

Itulah cara jitu sebagai solusi memperbaiki masalah “File Is Too Large for the Destination File System” pada OS Windows yang bisa anda ikuti sekarang juga.


Tinggalkan komentar