Solusi Memperbaiki Can’t Connect To Server Minecraft

Apakah Anda tengah mengalami Minecraft can’t connect to server saat Anda mencoba memainkan game Minecraft di komputer? Jika begitu maka Anda tidak sendiri. Meskipun masalah koneksi semacam ini cukup mengganggu dan dapat merusak kesenangan bermain game Anda, berikut adalah 7 solusi yang berfungsi untuk memperbaiki masalah tidak dapat terhubung server di Minecraft pada komputer yang dapat Anda coba.

Solusi memperbaiki Can’t Connect To Server Minecraft

Banyak pemain berhasil menyelesaikan masalah ini dengan perbaikan berikut. Anda tidak perlu mencobanya. Cukup lanjutkan ke bawah daftar sampai Anda menemukan salah satu yang melakukan trik.

Solusi 1 – Restart modem internet

Untuk memecahkan masalah terkait jaringan, memulai ulang jaringan selalu merupakan langkah pertama yang baik. Ini seharusnya memperbaiki gangguan sementara.

Cukup cabut router dan modem Anda, lalu tunggu setidaknya sepuluh detik dan pasang kembali.

Luncurkan ulang Minecraft untuk memeriksa apakah trik ini berhasil. Jika tidak, lakukan perbaikan yang lebih rumit di bawah.

Solusi 2 – Masuk kembali ke akun Minecraft Anda

Anda juga disarankan untuk keluar dari akun Minecraft Anda dan kemudian masuk kembali, karena ini dapat menyegarkan otentikasi dan koneksi profil. Jika metode ini juga tidak membantu, lihat metode berikutnya.

Solusi 3 – Hapus DNS Anda dan perbarui IP Anda

Membuang DNS dan memperbarui IP adalah solusi umum namun efektif untuk berbagai jenis pemutusan sambungan Internet. Jadi, jika Minecraft tidak dapat terhubung ke server, cobalah untuk memperbaiki masalah Anda.

  1. Ketik cmd di kotak pencarian. Kemudian, klik kanan Command Prompt dan klik Run As Administrator.Cara Buka Command Prompt CMD Windows
  2. Di jendela prompt perintah, ketik ipconfig / flushdns dan tekan Enter.
    ipconfig / flushdns
  3. Ketik ipconfig /renew dan tekan Enter.ipconfig /renew

Apakah Minecraft terhubung ke server dengan benar sekarang? Jika tidak, lanjutkan ke Solusi 4 di bawah ini.

Solusi 4 – Ubah server DNS

DNS, kependekan dari Domain Name System, adalah layanan yang memungkinkan Anda mengakses situs atau layanan online favorit Anda.

Jika Anda menggunakan server DNS default Internet Service Provider (ISP), yang mungkin lambat atau tidak stabil, Anda mungkin mengalami pemutusan koneksi Minecraft. Anda dapat mengalihkan server DNS ke yang aman lainnya seperti Google Public DNS.

  1. Di keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan untuk membuka perintah Jalankan.
  2. Ketik ncpa.cpl dan klik OK.
    ncpa cpl Network Connection
  3. Klik kanan Ethernet Anda saat ini dan klik Properties.Pilih Jaringan Internet Komputer Windows 10
  4. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)  dan klik Properties.Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4)
  5. Centang kotak di sebelah Use The Following DNS Server Address. Kemudian masukkan  8.8.8.8  untuk server DNS pilihan dan  8.8.4.4  untuk server DNS alternatif, dan klik  OK.Cara Merubah DNS Google
  6. Nyalakan ulang komputer atau restart komputer Anda dan luncurkan Minecraft untuk mengujinya.

Jika Anda dapat terhubung ke server Minecraft dan menjalankan game dengan lancar, selamat. Jika tidak, ada beberapa perbaikan lagi untuk dicoba.

Solusi 5 – Perbarui driver jaringan Anda

Masalah Minecraft tidak dapat terhubung ke server mungkin menunjukkan driver jaringan Anda rusak atau ketinggalan zaman. Memperbarui driver jaringan biasanya dapat menyelesaikan masalah kompatibilitas dan meningkatkan keandalan koneksi. Ada dua cara untuk melakukannya: secara manual dan otomatis.

Pembaruan driver manual – Anda dapat mengunjungi situs web produsen komputer atau motherboard, mencari driver terbaru yang benar, lalu menginstalnya secara manual.

Pembaruan driver otomatis – Jika Anda tidak punya waktu, kesabaran, atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver jaringan Anda secara manual, Anda dapat melakukannya secara otomatis dengan Driver Easy.

Driver Easy akan secara otomatis mengenali sistem Anda dan menemukan driver jaringan yang benar-benar tepat sesuai dengan versi Windows Anda, dan itu akan mengunduh dan menginstalnya dengan benar:

  1. Unduh dan instal Driver Easy.
  2. Jalankan Driver Easy dan klik tombol Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver yang bermasalah.Driver Easy Scan Now
  3. Klik tombol Update di sebelah driver adaptor jaringan yang ditandai untuk secara otomatis mengunduh versi yang benar dari driver itu, lalu Anda dapat menginstalnya secara manual (Anda dapat melakukannya dengan versi GRATIS ).Atau klik Update All untuk mengunduh dan menginstal versi yang benar dari semua driver yang hilang atau kedaluwarsa pada sistem Anda secara otomatis. (Ini memerlukan versi Pro yang dilengkapi dengan dukungan penuh dan jaminan uang kembali 30 hari. Anda akan diminta untuk meningkatkan saat mengklik Update All.)
    Update Driver Dengen DriverEasy
Versi Pro Driver Easy  hadir dengan dukungan teknis penuh.

Masalah koneksi Minecraft harus diselesaikan setelah Anda melakukan pembaruan driver. Tetapi jika tidak, coba perbaikan berikutnya, di bawah ini.

Solusi 6 – Tutup program yang memonopoli bandwidth

Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan bandwidth Anda dan menyebabkan Minecraft tidak dapat terhubung ke server. Matikan aplikasi yang banyak menyedot bandwidth dan lihat bagaimana perubahaan setelah itu.

  1. Klik kanan ruang kosong mana pun di bilah tugas dan klik Task Manager.
  2. Pilih program bandwidth-hogging dan klik End task.
  3. Jika game Anda masih kehilangan koneksi ke server, lanjutkan ke perbaikan terakhir.

End Task Memakan Bandwidth

Solusi 7 – Matikan Windows Firewall

Jika Windows Firewall telah memblokir akses Internet Minecraft, kegagalan koneksi akan terjadi. Untuk melihat apakah itu masalahnya, Anda dapat menonaktifkan firewall untuk sementara. Begini caranya:

  1. Di keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan untuk membuka perintah Jalankan. Kemudian, ketik control firewall.cpl di lapangan dan klik OK.
    control firewall cpl
  2. Klik Turn Windows Defender Firewall On of Off.Matikan Windows Defender Windows
  3. Pilih Turn Off Windows Defender Firewall untuk jaringan Domain, Jaringan pribadi dan Jaringan publik dan klik OK.Matikan Windows Defender

Bergabunglah dengan server Minecraft lagi kini seharusnya Anda dapat terhubung ke sana tanpa masalah.

Semoga perbaikan di atas membantu Anda keluar dari masalah koneksi Minecraft. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah jika Anda memiliki pertanyaan atau saran.

Tinggalkan komentar