Solusi Memperbaiki DNS Server Not Responding Error Pada Windows 10

Memperbaiki DNS Server Not Responding Error di Windows 10 — Apakah Anda sedang menghadapi DNS server not responding on Windows 10? Tidak perlu khawatir, karena kami telah menyebutkan di sini 12 cara terjitu untuk memperbaiki masalah menjengkelkan itu.

Mari kita mulai dengan definisi DNS dan kemudian berlanjut ke solusi untuk memperbaiki masalah server DNS.

DNS ( Domain Name System ) menerjemahkan nama domain menjadi Alamat IP yang mudah dimengerti oleh komputer. Ini adalah direktori catatan untuk Internet yang membantu kita mengunjungi situs web. Situs tidak dapat dibuka jika server DNS tidak dapat diakses.

Sekarang mari kita bahas masalah yang sering muncul, “DNS server not responding on Windows 10”.

Pengaturan yang salah pada komputer Anda, router atau kesalahan di sisi penyedia Internet Anda akan menyebabkan masalah ini muncul.

Untuk menghindarinya, ikuti beberapa solusi dalam artikel ini tetapi sebelum mencoba, nyalakan kembali komputer Anda, modem + router coba sambungkan lagi.

12 Solusi untuk Memperbaiki DNS server not responding on Windows 10

Kami telah menyusun 12 solusi paling efektif yang akan membantu Anda untuk menyingkirkan “DNS server not responding on Windows 10”.

1] Atur Server DNS secara manual

Salah satu cara untuk memperbaiki masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Tekan tombol Win + X pada keyboard Anda dan pilih Network Connections Anda juga dapat membuka panel ini secara langsung cukup dengan menekan tombol Win + X + W secara bersamaan.
Network Connections
Network Connections
  1. Di sini, Anda akan melihat daftar koneksi jaringan yang ada dan tugas yang Anda harus lakukan adalah memilih koneksi jaringan yang aktif dan kemudian klik kanan padanya dan pilih Properties.
Properties Windows 10
Properties Windows 10
  1. Setelah jendela Properties terbuka, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP / IPv4).
Internet Protocol Version 4 Properties Windows
Internet Protocol Version 4 Properties Windows
  1. Sekali lagi Anda perlu mengklik bagian Properties setelah memilih TCP / IPv4.
  2. Sekarang, pilih “Use the following DNS server address“.
  3. Masukkan 8.8.8 di tempat server DNS yang dipilih.
  4. Sekali lagi masukkan 8.4.4 / 208.67.222.222 atau 208.67.220.220 sebagai server DNS alternatif.
  5. Setelah menambahkan detail di atas, Klik tombol OK untuk menyimpan perubahan saat Anda selesai.
Ganti DNS Server Address
Ganti DNS Server Address
  1. Anda mungkin perlu memutuskan koneksi dari Internet dan menghubungkan kembali untuk menerapkan perubahan.

2] Tetapkan MAC Address Anda Secara Manual

Jika server DNS Anda tidak merespons di Windows 10, cobalah mengatur alamat MAC Anda secara manual. Alamat ini akan mengidentifikasi peralatan jaringan yang dikenal sebagai “alamat fisik”. Jadi untuk mengonfigurasi Alamat MAC Anda secara manual, catat Alamat Fisik (Physical Address) atau alamat MAC Anda dan ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka jendela Prompt Perintah dengan menekan tombol Win + X + A secara bersamaan.
  2. Di sini, Anda harus mengetikkan getmac / v / fo list di Command Prompt dan tekan tombol Enter.
  3. Sekarang catat Alamat Fisik (Physical Address) koneksi internet aktif Anda dari daftar yang muncul di jendela CMD dan kemudian tutup Prompt Perintah.

>>> Terkait: baca cara membuka Command Prompt.

Pada langkah berikutnya, Anda perlu mengkonfigurasi koneksi jaringan Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Koneksi Jaringan dengan menekan tombol Win + X + W dan kemudian pergi ke bagian properti diikuti dengan mengklik kanan pada koneksi internet aktif Anda.
  2. Klik pada Configure yang telah diberikan di dalam jendela properti.
Klik Configure
Klik Configure
  1. Sekarang navigasikan ke tab Advanced dan pilih Network Address dari daftar Property.
  2. Klik pada Value dan masukkan alamat MAC yang Anda catat dari Command Prompt. Jangan masukkan tanda hubung saat memasukkan MAC address Anda.
Masukan Mac Address
Masukan Mac Address
  1. Terakhir, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan.

3] Nonaktifkan Antivirus dan Firewall di PC

Antivirus dan firewall diperlukan untuk melindungi PC Anda dari pengguna jahat, tetapi mengganggu koneksi internet dan menyebabkan kegagalan server DNS di Windows 10.

Menonaktifkan sementara software antivirus dan firewall Anda dapat memperbaiki masalah ini “Server DNS tidak merespons”. PC akan tetap dilindungi oleh Windows Defender bahkan jika antivirus dinonaktifkan. Jadi, Anda perlu mengubah konfigurasi klien firewall atau beralih ke klien yang berbeda.

Menurut reposts, alat antivirus Total Security Bitdefender menyebabkan masalah ini. Pengguna BitDefender harus pergi ke pengaturan Firewall dan menonaktifkan opsi berbagi block internet connection. Setelah mengikuti langkah-langkah ini, masalah akan teratasi.

Avast juga dapat menyebabkan masalah ini sehingga cukup buka pengaturan Avast dan nonaktifkan opsi Secure DNS. Anda juga dapat menonaktifkan firewall di router. Ini adalah solusi yang berpotensi berbahaya yang akan membuat PC benar-benar rentan serangan dari luar.

Pada awalnya, coba nonaktifkan firewall router Anda untuk sementara dan lihat apakah masalahnya telah teratasi. Jika ya, hidupkan kembali dan periksa konfigurasi firewall untuk mendeteksi sumber masalahnya. Periksa instruksi manualnya untuk melihat cara menonaktifkan firewall router Anda.


Tinggalkan komentar