Solusi Memperbaiki “USB Device Not Recognized” Di Windows 10

Solusi memperbaiki “USB device Not Recognized” di Windows 10 — Kami menghubungkan berbagai perangkat ke PC kami seperti hard drive portabel, driver flash, printer, kamera dan periferal lainnya, dan sebagian besar perangkat ini menggunakan USB.

Melihat dari fungsinya maka tidak berlebihan jika mengatakan bahwa USB akan selalu berada bersama pengguna Windows 10, tetapi kadang-kadang ada masalah dengan USB, dan hari ini kami akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus dilakukan jika USB tidak berfungsi pada Windows 10.

Jika USB Anda tidak berfungsi, itu bisa menjadi masalah besar karena Anda tidak akan dapat menggunakan perangkat USB Anda.

Pengguna Windows lainnya juga melaporkan masalah USB berikut yang dapat terjadi pada PC Anda:

  • Mouse USB, keyboard tidak berfungsi di Windows 10 – Jika USB tidak berfungsi, Anda mungkin memiliki beberapa masalah dengan keyboard dan mouse Anda. Untuk memperbaiki masalah, Anda mungkin harus menggunakan touchpad atau mouse PS / 2 Anda.
  • Port USB tidak berfungsi Windows 10 – Menurut pengguna lain, kadang-kadang port USB pada PC Anda tidak berfungsi sama sekali karena kesalahan ini. Yang ini mungkin agak serius, tetapi Anda harus dapat memperbaiki masalah ini dengan menggunakan salah satu solusi kami.
  • USB tidak berfungsi Windows Code 43 – Jika USB Anda tidak berfungsi, Anda mungkin mendapatkan Kode kesalahan 43 sebagai pesan kesalahan. Untuk melihat cara memperbaikinya, pastikan untuk memeriksa beberapa solusi kami di artikel ini.
  • USB tidak berfungsi saat dicolokkan – Terkadang perangkat USB Anda tidak berfungsi setelah Anda menyambungkannya ke PC Anda. Tampaknya perangkat USB berfungsi dengan baik, tetapi tidak dikenali oleh PC.
  • USB tidak berfungsi  di laptop Toshiba, Samsung, Dell, Lenovo –Ini adalah masalah umum dan dapat mempengaruhi perangkat desktop atau laptop mana pun. Masalah ini dapat muncul di hampir semua merek PC, dan banyak pemilik Dell, Lenovo, Toshiba, dan Samsung melaporkan masalah ini.
  • USB tidak dikenali – Dalam beberapa kasus yang lebih serius, perangkat USB Anda tidak akan muncul sama sekali. Menurut pengguna, sepertinya perangkat USB Anda tidak dikenali sama sekali.
  • USB tidak merespons, tidak membuka – Beberapa pengguna melaporkan bahwa perangkat USB mereka terdeteksi, tetapi tidak merespons atau membuka. Ini adalah masalah yang menjengkelkan, tetapi Anda bisa dapat memperbaikinya dengan salah satu solusi kami.
  • USB tidak membaca – Ini adalah kesalahan umum yang dapat terjadi dengan perangkat USB. Menurut pengguna, mereka sama sekali tidak dapat membaca file USB mereka.
  • USB tidak mentransfer – Kadang-kadang masalah USB dapat mencegah Anda mentransfer file. Beberapa pengguna bahkan melaporkan bahwa mereka tidak dapat mentransfer file sama sekali.
  • USB belum tersedia – Dalam beberapa kasus Anda mungkin mendapatkan pesan kesalahan ini di layar Anda. Ini bukan masalah umum, tetapi Anda dapat memperbaikinya menggunakan salah satu solusi kami.
  • USB tidak diinisialisasi – Ini adalah masalah terkait USB lainnya. Tidak seperti masalah lain, ini relatif tidak biasa.
  • USB tidak membuka file – Banyak pengguna melaporkan bahwa mereka tidak dapat membuka file mereka. Ini bisa menjadi masalah besar karena Anda tidak akan dapat mengakses file sama sekali.
  • USB tidak dapat diakses – Ini adalah masalah yang cukup umum yang dapat muncul dengan USB Anda. Menurut pengguna, kesalahan ini akan sepenuhnya mencegah Anda mengakses perangkat USB Anda.

Jika Anda mengalami masalah USB pada Windows 10 hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencoba menghubungkan perangkat Anda ke port USB lain untuk menentukan apakah port USB yang lain berfungsi atau tidak.

Jika Anda mendapatkan hasil yang sama dengan port yang berbeda pada PC Anda, kini coba sambungkan perangkat USB Anda ke PC lain untuk melihat apakah masalahnya tetap ada di komputer lain.

Jika masalah tetap ada pada PC lain juga, berarti mungkin saja perangkat USB Anda tidak berfungsi dengan benar. Untuk memperbaiki masalah USB ini, Anda dapat mencoba solusi berikut:

8 Solusi Memperbaiki “USB Device Not Recognized” di Windows 10

Silahkan coba satu-satu solusi berikut untuk memperbaiki masalah USB not recognized di Windows 10 milik anda, semoga salah satu dari semua solusi ini berhasil memperbaiki masalah USB anda.

Solusi #1: Instal ulang driver USB

Unduh driver USB terbaru untuk perangkat USB Anda lalu instal. Jika tidak ada driver baru yang tersedia, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

  1. Buka Device Manager. Anda dapat melakukannya dengan menekan Windows Key + X dan memilih Device Manager dari daftar.
Device Manager
Device Manager
  1. Temukan driver perangkat lalu klik kanan pada driver anda.
  2. Pilih Uninstall Driver untuk menghapus driver.
Uninstall Driver USB Di Windows 10
Uninstall Driver USB Di Windows 10
  1. Restart komputer Anda.

Solusi #2: Ubah pengaturan Power Management untuk USB Controller

Jika USB tidak berfungsi pada PC Anda, Anda dapat memperbaikinya dengan mengubah pengaturan Power Management Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka Device Manager.
  2. Temukan bagian pengontrol Universal Serial Bus dan diklik.
  3. Klik kanan setiap driver yang bernama USB Root Hub dan pilih Properties.
Properties USB Root Hub
Properties USB Root Hub
  1. Buka tab Power Management. Pastikan bahwa Allow the computer to turn off this device to save power tidak dicentang. Jadi jika dalam keadaan dicentang, hapus tidak dicentang. Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.
Uncek USB Root Hub Windows 10
Uncek USB Root Hub Windows 10
  1. Ulangi proses untuk semua driver USB Root Hub yang .
  2. Restart komputer Anda.

Solusi #3: Uninstall USB Controller

Banyak pengguna melaporkan bahwa USB tidak berfungsi, dan untuk memperbaiki masalah ini, Anda hanya perlu menginstal ulang Pengontrol USB dengan melakukan hal berikut:

  1. Buka Device Manager.
  2. Temukan Universal Serial Bus Controllers dan klik.
  3. Klik kanan driver pertama di bagian Universal Serial Bus dan klik Uninstall.
  4. Ulangi proses untuk semua driver di bagian Universal Serial Bus.
  5. Restart komputer Anda.

Tinggalkan komentar