6 SSL Gratis Buat Websitemu, Langsung Diambil Deh!

Yusuf  
Sep 23, 2019 · 4 minutes read

Keamanan merupakan hal esensi bagi setiap website guna menghadirkan kenyamanan dan membangun kepercayaan kepada pengunjung dan memperoleh ranking lebih baik di mesin pencari.

Dan memang hal ini merupakan hal penting bagi situs berbasis transaksi dan membership, maka kita perlu enkripsi data sensitif dari klien ke sebuah server / atau server kita.

Tingkatkan keamanan website dengan sertifikasi SSL / TLS

Selain itu HTTPS juga akan meningkatkan ranking website anda di mesin pencarian, seperti Google, oleh karenanya amat direkomendasikan anda menggunakannya juga di blog

Jikalau anda tengah mencari cara mengimplementasikan sertifikasi SSL untuk website anda tanpa perlu mengeluarkan uang, maka disini saya akan merekomendasikan kepada anda sejumlah penyedia SSL yang punya otoritas tinggi—namun gratis—guna membantu mewujudkan keinginan anda memiliki sertifikat SSL.

Berikut ini adalah singkatan yang berhubungan dengan keamanan website.

  • SSL – Secure Socket Layer
  • TLS – Transport Layer Security
  • CDN – Content Delivery Network
  • DV – Domain Validated
  • ACME – Automated Certificate Management Environment

Apabila anda mencari sebuah shared hosting yang menyediakan sertifikat SSL gratis, maka bisa coba NiagaHoster atau IDCloudHost.

6 layanan SSL gratis yang solid

Meskipun semua layanan ini menawarkan SSL gratis, namun kehandalan dan tingkat kepercayaannya amatlah tinggi dan dapat bekerja atau dikenali oleh semua web browser populer.

1. Let’s Encrypt

Let’s Encrypt merupakan proyek kolaborasi antara Linux Foundation dan otoritas sertifikat yang disponsori oleh Mozilla, Facebook, Cisco, SiteGround dan Akamai. Layanan ini menawarkan Sertifikat SSL gratis.

Ini bagus untuk menghemat biaya pengeluaran anda untuk memiliki SSL di website anda.

Prosesnya otomatis, itu berarti anda tidak perlu meluangkan waktu membuat CSR dan mengirimkannya ke otoritas CA untuk mendapatkan “persetujuan”. Semua prosesnya terjadi di belakang layar web server anda.

Let's Encrypt
Let’s Encrypt

2. Comodo

Comodo menawarkan SSL gratis hanya selama 90 hari. Ini bagus jikalau anda ingin “menguji-coba” bagaimana cara kerja SSL atau untuk proyek jangka pendek anda.

Anda bisa mendapatkan SSL cert gratis meluncur dalam hitungan menit namun dengan ketangguhan tinggi dan enkripsi bit yang mumpuni. Semua browser utama—Chrome, Mozilla, Chromium, Opera, Safari—sudah mengenal sertifikasi Comodo ini.

Comodo SSL Gratis
Comodo SSL Gratis

Update:SSL.com juga menyediakan SSL gratis selama 90 hari.

3. Cloud Flare

Cloud Flare adalah perusahaan keamanan & CDN. Cloud Flare akan membuat website anda lebih cepat dan aman. Cloud Flare telah mampu menopang website populer seperti Reddit, yelp, Mozilla, StackOverflow, dan seterusnya.

CloudFlare SSL Gratis
CloudFlare SSL Gratis

Tahun lalu, Cloud Flare mengumumkan bahwa Universal SSL mereka gratis untuk semua pengguna. Ini juga berlaku bagi pengguna yang menggunakan “free plan” atau paket gratis. Jikalau anda pengguna CloudFlare dan belum mengaktifkan CloudFlare anda maka inilah langkah-langkah untuk mengaktifkannya dengan cepat.

  • Login ke Cloud Flare.
  • Pilih website yang anda ingin aktifkan SSL.
  • Klik pada ikon Crypto.
  • Pastikan konfigurasinya adalah “Flexible” dan ber-status “ACTIVE CERTIFICATE.”
Aktifkan SSL Gratis Cypto CloudFlare
Aktifkan SSL Gratis Cypto CloudFlare

Proses pengaktifan biasanya berlangsung selama beberapa detik saja, anda bisa melakukan verifikasi dengan mengakses website anda menggunakan HTTPS.

4. StartCom

StartCom juga menawarkan sertifikat SSL gratis untuk penggunaan pribadi. Untuk mendapatkannya, anda harus melakukan validasi kepemilikan domain / domain ownership.

StartCom SSL Gratis
StartCom SSL Gratis

Anda akan menikmati sertifikat DV SSL kelas 1 unlimited dengan gratis. Ini bagus sekali untuk website/blog pribadi.

5. WoSign

WoSign otoritas penyedia SSL gratis lainnya, anda ditawari pemakaian SSL selama dua tahun gratis. WoSign mendukung algoritma SHA2.

WoSign SSL Gratis
WoSign SSL Gratis

6. SSL For Free

SSL For Free menggunakan server ACME Let’s Encrypt dengan menggunakan validasi domain untuk menyediakan kepada anda sebuah sertifikasi. Layanan ini 100% gratis, dan sertifikat akan terbit dalam hitungan menit saja.

SSL For Free SSL Gratis HTTPS
SSL For Free SSL Gratis HTTPS

30 hari gratis

Anda juga akan menikmati 30 hari gratis sebagai trial dari penyedia sertifikat gratis ini.

Saya harap posting ini membantu anda mendapatkan SSL untuk website / blog anda. Namun jikalau anda ingin membeli sertifikasi premium untuk website bisnis anda, maka silahkan langsung ke Dedoho.

Tinggalkan komentar