6 Cara Mengatasi Tombol Start Hilang Windows 10 [Paling Jitu]

Cara memperbaiki tombol menu Start Windows 10 yang hilang. Dan cara ini bisa diterapkan di versi Windows yang lain.

Start Menu adalah elemen UI (Antarmuka Pengguna) yang dapat ditemukan di semua versi Microsoft Windows sejak Windows 95.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk meluncurkan program atau melakukan berbagai tugas di komputer Windows 10 anda.

Dengan menggunakan menu Start, pengguna dapat meluncurkan daftar aplikasi yang baru ditambahkan, mengakses pengaturan Windows, mematikan atau me-restart komputer mereka, keluar dari satu akun dan beralih ke yang lain, dll.

Start Menu adalah elemen penting dari Microsoft Windows dan membantu kita untuk melakukan berbagai tugas tanpa rumit.

Jadi jika fitur Start Windows ini tidak tersedia, maka dapat membuat segalanya menjadi sangat sulit.

Menu Start dapat menghilang / muncul kembali secara terus menerus dari waktu ke waktu. Beberapa pengguna telah melaporkan bahwa Start Menu muncul ketika diklik dan kemudian menghilang setelah beberapa detik.

Tidak ada alasan pasti yang diketahui mengapa masalah ini terjadi, namun ada cara untuk menyelesaikannya (tergantung pada penyebabnya).

Untuk memperbaiki Start Menu yang menghilang, Anda mungkin perlu menjalankan Pemeriksa File Sistem dan pemindaian DISM, memulai kembali proses Windows Explorer, memperbarui Windows, signout dan masuk kembali ke akun Windows Anda, menghapus update Windows baru, atau memulihkan sistem Anda menggunakan restore point (titik pemulihan).

Dalam panduan ini, saya menguraikan berbagai metode dilengkapi dengan gambar atau screenshot berserta deskripsi terperinci.

Jangan lupa untuk baca:

Cara memperbaiki tombol menu Start hilang di Windows 10

Kami merekomendasikan 6 cara untuk anda coba satu-per-satu semoga salah satu diantaranya berhasil memperbaiki masalah tombol Start hilang di Windows 10 anda.

Cara #1: Merestart Windows Explorer

Ayo mulai dengan solusi paling sederhana: yakni dengan restart atau mulai ulang Windows Explorer menggunakan Task Manager.

>>> Baca juga memperbaiki file explorer tidak merespon.

Task Manager sangat berguna ketika ada kebutuhan untuk menutup / menghentikan program yang berjalan spesifik dalam kondisi freeze, tidak merespons, mengambil terlalu banyak sumber daya CPU, atau tidak berfungsi dengan benar.

Task Manager membantu untuk menutup program dan menghentikan proses berjalan (ketika keluar biasanya tidak berfungsi).

Adapun cara restart Windows Explorer adalah sebagai berikut:

  1. Anda buka Task Manager, caranya dengan menekan CTRL + ALT + DEL secara bersamaan atau cukup dengan klik kanan pada Taskbar.
Buka Task Manager Di Taskbar
Buka Task Manager Di Taskbar
  1. Pilih Task Manager dari daftar yang tampil.
  2. Nah di Task Manager, dibagian Process anda pilih Windows Explorer selanjutnya klik-kanan pada Restart.
Restart Windows Explorer
Restart Windows Explorer

Restart komputer, kemudian lihat apakah masalah tombol Start hilang dapat dibenahi dengan cara ini. Jika tetap tidak bisa, lanjut ke cara kedua.

Cara #2: Scan DISM

Deployment Image Servicing and Management (DISM) dapat digunakan untuk memperbaiki dan menyiapkan gambar Windows, termasuk Windows Recovery Environment, Windows Setup, dan Windows PE.

Untuk menjalankan pemindaian DISM, buka Command Prompt sebagai administrator. Pertama, buka Task Manager, klik “File” dan pilih “Run new task”.

Adapun langkah-langkah lengkap untuk scan DISM adalah sebagai berikut:

  1. Ke Task Manager lagi, kemudian klik File dan pilih Run New Task.
Task Manager Run New Task PC Window 10
Task Manager Run New Task PC Window 10
  1. Ketik cmd dan cek di Create This Task With Administrative Privileges.
CMD Administrator
CMD Administrator
  1. Kotak CMD (Command Prompt) akan terbuka, kemudian ketik atau paste perintah berikut: DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth selanjutnya tekan tombol Enter di keyboard Windows 10.
CMD Cleanup
CMD Cleanup

Apakah cara ini berhasil mengembalikan tombol Start Windows 10 anda yang hilang? Jika belum maka silahkan ke cara #3 di halaman 2 (dua) posting ini.


Tinggalkan komentar