Ini Cara Membuat Virtual Memory Pada Windows 10

Cara membuat virtual memory Windows 10. Jika Anda butuh waktu lama untuk membuka, menjalankan, dan bahkan menutup sebuah program di komputer, maka mungkin komputer Anda memiliki memori rendah.

Anda dapat menambahkan lebih banyak memori (kartu RAM) untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Tetapi, jika Anda tidak ingin melakukan perubahan pada perangkat keras, ada beberapa perbaikan sementara yang dapat membantu mempercepat komputer Anda. Inilah cara meningkatkan memori virtual pada komputer Windows 10 Anda.

Apa itu Virtual Memory?

Virtual Memory membuat komputer berpikir dirinya memiliki lebih banyak memori daripada yang sebenarnya. Tanpa virtual memory, maka program yang membutuhkan lebih banyak RAM daripada yang komputer anda milik tidak akan berfungsi dengan baik.

Memori virtual membantu ini menyalin data dari RAM Anda ke hard disk Anda (HDD atau SSD) untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Namun, menggunakan data virtual sekitar seribu kali lebih lambat daripada membaca data dari RAM Anda.

Inilah sebabnya mengapa komputer Anda mungkin tidak bekerja secepat saat menggunakan virtual memory. Dalam kondisi tertentu, mungkin akan muncul pesan kesalahan yang mengatakan memori virtual Anda rendah.

Cara Membuat Virtual Memory di komputer Windows 10

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang baik tentang konteks dan aturan dari memory virtual, sekarang saatnya untuk membuatnya. Terserah Anda untuk memutuskan pengaturan spesifik apa yang digunakan berdasarkan konfigurasi spesifik Anda.

  1. Pertama, buka menu Start dan kemudian ketik Performance ke dalam bilah pencarian.
  2. Cari dan klik Adjust the appearance and the performance of Windows seperti contoh gambar berikut ini.
Performance
Performance
  1. Jendela Performance Options akan terbuka dan muncul di layar.
  2. Beralih ke tab Advanced, lalu pilih Change di bagian Virtual Memory.
Change Performance Options Windows
Change Performance Options Windows
  1. Jendela Virtual Memory sekarang akan terbuka. Semua opsi dalam keadaan ter-klik secara default. Jadi pertama-tama kita harus uncek Automatically Manage Paging File Size For All Drivers.
Membuat Virtual Memory Windows 10 Mudah
Membuat Virtual Memory Windows 10 Mudah
Uncek Automatically Manage Paging File Size For All Drivers
Uncek Automatically Manage Paging File Size For All Drivers
  1. Kemudian pilih Custom Size dan isikan 1000 pada intial size (MB) dan 4000 untuk maximum size (MB).
Cara Membuat Virtual Memory Windows 10
Cara Membuat Virtual Memory Windows 10

Tip: Jika komputer Anda tetap kehabisan RAM setelah menggunakan memori virtual, maka Anda harus meningkatkan jumlah RAM yang dimiliki komputer Anda. Virtual Memory tidak dirancang untuk bertindak sebagai pengganti RAM, dan sistem Anda akan berkinerja lebih baik dengan lebih banyak RAM. Untuk mesin modern, direkomendasikan minimal 8GB RAM.

  1. Selanjutnya jangan lupa klik tombol Set dilanjutkan dengan tombol Ok.

Tips tambahan:

Secara umum, Anda harus mengalokasikan sekitar 4GB penyimpanan untuk digunakan sebagai virtual memory, ini lebih dari cukup untuk setiap beban kerja komputer. Windows merekomendasikan minimal 800MB karena ini memungkinkan ruang untuk menyimpan laporan kesalahan jika terjadi crash dan layar biru.

Jangan atur sistem Anda di bawah nilai yang disarankan karena berisiko mengalami masalah kinerja pada beban kerja yang lebih berat. Perlu dicatat bahwa komputer Anda tidak menggunakan memori virtual ini sampai RAM yang sebenarnya habis.

Baca juga cara mempercepat Windows 10 agar ngebut.

Apa Arti “Low on Virtual Memory”?

Jika Anda mendapatkan kesalahan yang mengatakan virtual memory Anda rendah, itu berarti Anda telah kehabisan ruang RAM, serta ruang hard disk.

Ini juga terjadi ketika Anda menjalankan satu atau beberapa program atau perintah yang menggunakan banyak memori secara bersamaan, seperti bekerja dengan file video, foto resolusi tinggi, atau file besar lainnya.

Ketika virtual memoery Anda terlalu rendah, komputer Windows akan menampilkan pesan ini: “Your system is low on virtual memory. Windows is increasing the size of your virtual memory paging file. During this process, memory requests for some applications may be denied. For more information, see help.”

Jika Anda melihat kesalahan ini, itu berarti bahwa Windows tidak memiliki tempat untuk menyimpan data ketika RAM Anda penuh. Ini dapat menyebabkan program Anda macet, yang dapat menyebabkan Anda kehilangan data Anda. Oleh sebabnya jikalau anda ingin solusi cepat maka gunakan atau ikuti langkah-langkah di atas untuk membuat virtual memory di komputer Windows 10 milik anda jika masih tidak mempan maka upgrade RAM fisik.

Baca juga cara membuat recovery disk di Windows 10.

Kesimpulan

Semoga artikel singkat dan jelas tentang cara membuat virtual memory di Windows 10 ini memberikan manfaat untuk anda dan jika ada pertanyaan dan masukan silahkan diutarakn di area komputer dari posting ini.

Sampai jumpa lagi di posting-posting seputar teknologi dari Dubidam.ID berikutnya di masa datang.

Tinggalkan komentar