Apa Itu WiFi?

Jaringan nirkabel atau WiFi menggunakan sinyal frekuensi radio dan bukan kabel untuk menghubungkan perangkat seperti komputer, printer, dan telepon pintar ke Internet dan juga sebaliknya.

Sinyal WiFi hanya dapat digunakan oleh perangkat yang memiliki kemampuan nirkabel seperti laptop atau tablet dalam jarak tertentu ke segala arah.

Apa itu Wi-Fi?

Konektivitas nirkabel, sering dikenal sebagai Wi-Fi, adalah teknologi yang memungkinkan PC, laptop, ponsel, atau perangkat tablet untuk terhubung dengan kecepatan tinggi ke internet tanpa memerlukan koneksi kabel fisik.

Wi-Fi (diucapkan “Why-Fy”) adalah istilah yang diciptakan oleh perusahaan branding pada tahun 1999 sebagai nama yang mudah diingat, karena kemiripannya dengan istilah “hi-fi” yang terkenal saat itu.

Teknologi ini menggunakan sinyal radio untuk mengirimkan informasi antara perangkat yang mendukung Wi-Fi dan internet, memungkinkan perangkat untuk menerima informasi dari web dengan cara yang sama seperti radio atau ponsel menerima suara.

Bagaimana cara Wifi?

Diperlukan perangkat kecil yang dikenal sebagai wireless transmitter (pemancar nirkabel), atau hub; perangkat ini menerima informasi dari internet melalui koneksi broadband rumah Anda.

Pemancar ini (sering disebut sebagai Wireless Access Point, atau WAP) kemudian mengubah informasi ini menjadi gelombang radio dan memancarkannya, secara efektif menciptakan area lokal kecil di sekitarnya, di mana perangkat Anda dapat menerima sinyal radio ini jika dilengkapi dengan jenis adaptor nirkabel yang benar. Area ini sering disebut Jaringan Area Lokal Nirkabel, atau singkatnya WLAN.

Ketika Anda mengirim informasi kembali ke internet – dengan mengklik tautan atau mengirim email, misalnya – prosesnya bekerja terbalik; perangkat Anda mengirim informasi melalui sinyal radio ke pemancar nirkabel, yang mengubah sinyal dan berkomunikasi kembali melalui koneksi broadband.

Agar perangkat seperti ponsel atau komputer dapat mengambil sinyal Wi-Fi, perangkat tersebut harus memiliki teknologi yang relevan yang tergabung di dalamnya, atau dilengkapi adaptor nirkabel.

Banyak perangkat, seperti smartphone dan tablet, siap menerima sinyal Wi-Fi langsung dari kotak, sementara yang lain, seperti beberapa PC, akan memerlukan pembelian kartu nirkabel atau adaptor yang terpisah, yang sering kali datang dalam bentuk perangkat kecil. perangkat yang dihubungkan ke port USB PC atau laptop Anda.

Perangkat ini dikenal sebagai “dongle” broadband dan dapat dengan mudah dibeli di jalan raya; misalnya, di 3 toko mana saja.

Mengapa Saya Membutuhkan WiFi?

Mempertimbangkan apakah ingin memiliki WiFi di rumah Anda atau tidak? Berikut adalah beberapa alasan untuk memiliki jaringan nirkabel di rumah Anda:

  • Kebebasan untuk mengakses Internet dari mana saja dalam jangkauan sinyal dan memindahkan perangkat Anda di sekitar rumah Anda – di mana saja dalam jangkauan sinyal WiFi – tanpa kehilangan koneksi Anda.
  • Bawa perangkat seluler apa pun, seperti laptop, ke ruangan mana pun dan tetap tersambung ke Internet, tidak perlu kerja ekstra.
  • Kemampuan untuk mengakses perangkat lain yang terhubung ke jaringan Anda, misalnya, beberapa komputer dapat menggunakan satu printer tanpa koneksi kabel langsung.
  • Akses ke Internet pada perangkat seperti ponsel cerdas dan tablet untuk mengunduh buku, musik, film, dan aplikasi, atau menjelajahi web.
  • Bebas dari kerumitan memasang koneksi kabel di kamar yang berbeda.

Bagaimana Saya Mendapatkan WiFi di Rumah Saya?

Untuk memiliki WiFi di rumah Anda, yang Anda perlukan hanyalah modem yang terhubung ke router nirkabel, atau gateway nirkabel, yang merupakan modem dan router nirkabel dalam satu unit.

Modem menyediakan akses ke Internet, dan router menyiarkan sinyal WiFi, yang memungkinkan perangkat Anda terhubung satu sama lain dan Internet. Selanjutnya perangkat berkemampuan WiFi dapat menggunakan sinyal ini untuk terhubung ke Internet.

Router tersedia dari banyak pabrikan berbeda. Wireless Gateway 1 (nomor model TG852G, TG862G, SMCD3GNV, TC8305C), Wireless Gateway 2 (nomor model DPC3939) dan Wireless Gateway 3 (nomor model DPC3941T dan TC8717) adalah perangkat yang disediakan Comcast yang menghubungkan Internet, telepon dan jaringan rumah Anda.

Mereka membuat pengaturan jaringan rumah nirkabel sesederhana mungkin.

Apakah WiFi Aman?

Karena perangkat WiFi menggunakan sinyal siaran dan bukan kabel untuk terhubung ke Internet, maka memberi kemungkinan bagi pengguna yang tidak sah untuk mengakses jaringan Anda.

Hal itu bisa mengurangi kecepatan koneksi Anda atau membuat Anda rentan terhadap hal-hal seperti pencurian identitas. Namun ada beberapa cara untuk memastikan bahwa jaringan rumah nirkabel Anda aman.

Semua gateway nirkabel Comcast telah diatur sebelumnya dengan opsi keamanan terbaik untuk jaringan rumah. Namun, jika Anda memiliki router dari pabrikan lain, ada banyak langkah berbeda yang dapat Anda ambil untuk melindungi jaringan Anda, salah satunya dengan mengganti password Wifi anda.

Apa kelebihan Wi-Fi?

Satu keuntungan utama dari memiliki perangkat berkemampuan Wi-Fi adalah bahwa perangkat itu memungkinkan Anda untuk terhubung ke Local Area Network (LAN) lainnya (dan dengan demikian ke internet) ketika Anda keluar dan serta ke jaringan rumah Anda.

Sementara banyak telepon menawarkan koneksi ke internet melalui sinyal telepon, namun jangakauannya tidak merata, dan tarifnya seringkali mahal tergantung pada tarif telepon Anda.

Ketika bepergian ke luar kota atau negeri misalnya, kemampuan untuk menggunakan LAN lokal secara gratis lebih disukai daripada membayar biaya roaming untuk koneksi internet melalui jaringan telepon – meskipun tentu saja beberapa jaringan seperti Three memungkinkan Anda menggunakan data seluler di banyak tujuan. tanpa biaya tambahan.

Banyak cafe dan toko telah membangun WLAN sendiri yang sering kali gratis digunakan; Anda mungkin perlu memasukkan kata sandi saat pertama kali mencoba menghubungkan smartphone dan laptop anda, tetapi kata sandi ini biasanya sederhana dan ditampilkan secara luas di sekitar tempat.

Anda mungkin tidak mendapatkan koneksi secepat di rumah, karena mungkin banyak orang berbagi koneksi secara bersamaan, tetapi saya yakin kecepatannya cukup baik jika sekedar untuk browsing umum.

Cek juga cara mengetahui password Wifi.

Kesimpulan

Itulah keseluruhan informasi tentang apa itu Wifi dan manfaatnya bagi kita, beserta kelebihan dan keamanan menggunakannya dan jika posting ini bermanfaat silahkan beritahukan kepada teman-teman anda dan sampai jumpa di posting-posting seputar teknologi dari Dubidam.id di masa datang.

Tinggalkan komentar